Kamis, 01 Oktober 2015

sumber dan jasa rujukan



MAKALAH
SUMBER DAN JASA RUJUKAN
Tentang
DASAR LAYANAN RUJUKAN
Dosen Pengampu :Rudiyanto,S.Ip



       









DisusunOleh :
Ana Fitria  (IPT 140317)


JURUSAN  ILMU PERPUSTAKAAN
FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI
2015



DAFTAR ISI


                   COVER                   DAFTAR ISI                    
                   BAB I PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang....................................................................................... 3
2.      Rumusan Masalah.................................................................................. 3
                 BAB II PEMBAHASAN
A.     Dasar Layanan Rujukan.......................................................................... 4
B.     Macam-Macam Layanan Rujukan.......................................................... 4
C.     Meyiapkan Layanan Rujukan.................................................................. 5 
                        BAB III PENUTUP
a.       Kesimpulan............................................................................................ 8
b.      Saran..................................................................................................... 9
                    DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN
1.    Latar Belakang
Apabila pada pelayanan sirkulasi berhubungan dengan peminjaman dan pengembalian buku sedangkan pelayanan referensi berhubungan dengan pelayanan pemberian informasi dan pemberian bimbingan belajar.
Perpustakaan memberikan layanan rujukan(referensi) kepada masyarakat yang membutuhkan informasi dengan jawaban spesifik. Pelayanan rujukan merupakan proses kmunikasi antarpesona yang terjadi di perpustakaan,proses komunikasi ini berlangsung antara pustakawandan penggunanya.setiap perpustakaan walau sekecil apapun tetap ada layanan rujukannnya,meskipun benuknya masih sangat sederhana. Di perpustakaan desa layanan referensi ini bisa hanya berupa jawaban seorang petugas perpustakaan kepada setiap pengunjung akan pertanyaan-pertanyaan yang  khusus.

2.    Rumusan Masalah
a.    Dasar layanan Rujukan
b.    Macam-Macam layanan Rujukan
c.    Mempersiapkan Layanan Rujukan


BAB II
PEMBAHASAN

A.       Dasar Layanan Rujukan
Pelayanan   rujukan   pada   dasarnya   mempunyai   tujuan
sebagai berikut:
1. memungkinkan pemakai perpustakaan menemukan informasi dengan cepat dan  tepat.
2. memungkinkan pemakai melakukan penelusuran literatur informasi dengan pilihan yang lebih luas.
3. memungkinkan pemakai menggunakan koleksi rujukan dengan tepat guna.
B.       Macam-Macam Layanan Rujukan
Macam pelayanan rujukan dapat dibedakan menurut jenis pekerjaannya
sebagai berikut :
1.       pelayanan rujukan pokok.
a.    Pemberian informasi yang bersifat umum, baik mengenai perpustakaan,   koleksi dan hal-hal lain yang mudah dan cepat memenuhinnya.
b.    Pemberian informasi yang bersifat spesifik, yang untuk memenuhinya diperlukan referensi bahan pustaka yang ada, ataupun konsultasi dengan petugas perpustakaan yang lainnya.
c.    Pemberian bantuan untuk menelusur literatur atau bahan pustaka dengan menggunakan katalog, bibliografi, dan alat-alat penelusuran lainnya.
d.      Pemberian bimbingan untuk menggunakan koleksi rujukan.
e.    Pemberian bantuan pengarahan untuk menemukan pokok-pokok bahasan tertentu dalam buku-buku yang sesuai dengan minat dan bidang studi pemakai.
2.       Pelayanan rujukan Tambahan
a.   Mengadakan hubungan dan kerjasama dengan perpustakaan dan atau jasa.
b.   Informasi lain dalam bidang penggunaan informasi.
c.   Menyelenggarakan pendidikan mengenai penggunaan alat-alat penemuan.
d.  Kembali seperti katalog dan bibliografi, serta penggunaan koleksi rujukan.
e.   Menyeleggarakan pameran koleksi perpustakaan.
f.   Memperkenalkan bahan pustaka yang baru diterima.
3.       Mengorganisasi koleksi rujukan dengan baik sehingga mudah digunakan.
4.       Mencatat dan mengumpulkan data (statistik) kegiatan pelayanan rujukan.
C.       Menyiapkan Layanan Rujukan
Penyelenggaraan layanan rujukan tergantung kepada besar kecilnya perpustakaan. Pada perpustakaan yang kecil pekerjaan rujukan ini biasanya dikerjakan sendiri oleh kepala perpustakaan. Pada perpustakaan yang agak besar diperlukan seorang petugas khusus yang memenuhi syarat-syarat sebagai petugas atau pustakawan rujukan, sehingga dapat melaksanakan pekerjaan ini lebih baik.
Hal-hal yang perlu dalam menyiapkan layanan rujukan meliputi
sebagai berikut :
1.       Tata Ruang.
Sebaiknya ruangan rujukan dipisahkan dari ruangan lainnya. Biasanya rujukan menempati ruangan yang berukuran agak panjanng (panjang ruangan sama dengan dua kali lebarnya). Rak-rak buku ditempatkan di sepanjang dinding. Untuk keamanan sebaiknya hanya disediakan satu pintu masuk saja ke ruangan rujukan. Dekat pintu masuk supaya disediakan maja petugas (untuk keamanan buku ).
Buku-buku yang sifatnya jarang atau langka supaya ditempatkan didekat petugas. Meja informasi sebaiknya ditempatkan dekat dengan lemari katalog supaya petugas bisa langsung memberi bantuan kepada pengunjung apabila diperlukan dalam rangka penggunaan katalog.

2.       Koleksi.
Semua koleksi yang ada di perpustakaan bahkan yang ada di luar perpustakaan, kalau perlu, dapat digunakan oleh petugas rujukan dalam tugasnya dalam memberikan informasi kepada pembaca. Tetapi sekurang-kurangnya harus memiliki sumber-sumber dasar yang bisa dipakai untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan rujukan. Sumber dasar inilah yang lazim disebut sebagai koleksi rujukan. Di luar koleksi berupa buku-buku tidak ada jenis koleksi rujukan lain berupa bahan-bahan khusus misalnya klipping, pamplet, microfilm dan sebagainya.
Buku-buku rujukan biasanya meliputi jenis-jenis :
· Ensiklopedia
· Kamus
· Buku tahunan
· Buku petunjuk/ direktori
· Buku pegangan dan buku pedoman.
· Bibliografi
· Indeks dan Abstrak
· Sumber-sumber biografi
· Sumber-sumber ilmu bumi (atlas, peta, kamus ilmu bumi, dan sebagainya)
· Penerbitan pemerintah, terbitan-terbitan berkala dan bahan-bahan khusus.
Dalam membina dan mengembangkan koleksi rujukan harus selalu dijaga agar supaya koleksi rujukan tersebut terdiri dari buku-buku yang baik dan terjamin mutunya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengadaan buku-buku rujukan
tersebut tetap terjamin yaitu :
a.        Otoritas buku.
Dalam menentukan otoritas buku maka perlu ditinjau hal-hal seperti misalnya apakah pengarang atau penyusun buku tersebut seorang ahli dalam bidang ilmu yang dicakup oleh buku tersebut dan apakah ia sudah berpengalaman. Selain pengarangnya, juga penerbitannya perlu dinilai.
b.    Ruang lingkup isi buku.
Ruang lingkup isi buku perlu pula mendapat perhatian, sampai sejauh mana ruang lingkup yang dicakup subyek buku tersebut, bagaimana batasannya, apa yang menjadi tujuan pengarangnnya, dan apakah isi buku tersebut betul-betul masih baru atau mutkhir dan sebagainya.
c.    Tujuan pengarang dalam menulis buku (untuk pembaca yang bagaimana buku tersebut dikarang / sasaran pembaca).
Di sini yang harus diperhatikan adalah kelompok pembaca yang bagaimana buku tersebut dikarang atau di tulis. Apakah untuk kelompok pembaca dengan tingkat pendidikan smp, sma, ataukah kelompok pembaca yang berpendidikan perguruan tinggi. Atau juga bisa dinilai dari segi usia misalnya apakah buku tersebut dikarang untuk anak-anak, atau untuk orang dewasa. Dari segi profesi misalnya apakah buku tersebut diperuntukkan kepada kelompok pedagang, kelompok ahli hukum, kelompok petani dan sebagainya.
Jadi petugas rujukan sebaiknya memilih buku-buku sesuai dengan tingkat kemampuan membaca dan latar belakang pendidikan pembaca, dalam hal ini, pemakai perpustakaan.
d.    Bentuk serta susunan buku.
Penjilidannya dan sebagainya. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap ketahanan buku tersebut. Selain fisik perlu juga diperhatikan susunannya, apakah disusun secara sistematis, terdapat indeks atau tidak.


BAB III
PENUTUP
a.    Kesimpulan
o   Dasar Layanan Rujukan
Pelayanan   rujukan   pada   dasarnya   mempunyai   tujuan
sebagai berikut:
1.memungkinkan pemakai perpustakaan menemukan informasi dengan cepat dan tepat.
2. memungkinkan pemakai melakukan penelusuran literatur informasi dengan pilihan yang lebih luas.
3. memungkinkan pemakai menggunakan koleksi rujukan dengan tepat guna.
o   Macam-macam layanan rujukan
v  Pelayanan rujukan pokok
v  Pelayanan rujukan tambahan
o   Menyiapkan layanan Rujukan
Ø  Tata ruang
Ø  Koleksi
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengadaan buku-buku rujukan tersebut tetap terjamin yaitu :
a.         Otoritas buku.
b.        Ruang lingkup isi buku
c.         Tujuan pengarang dalam menulis buku (untuk pembaca yang bagaimana buku tersebut dikarang / sasaran pembaca).
d.        Bentuk serta susunan buku.
b.    Saran
Kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Apabila dalam pembuatan makalah ini ada kesalahan kata maupun pengetikan kami minta maaf..

DAFTAR PUSTAKA
Bafadal,ibrahim.2014 pengelolaan perpustakaan sekolah.jakart:Bumi Aksara
Depdikbud. Dikti (1980). Pedoman Pelayanan Sirkulasi dan Referensi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti.

Katz, W.A. (1982) Introduction to Reference work. Volume I  Basic Information Sources. 4 Th editior. New York : Mc Graw -Hill.

(1982)  Introduction  to Reference  work.  Volume  II Reference  Processes and Services. 4 Th edition. New York  : Mc Graw -Hill.

Marnodi,  S (1980) Referensi : Suatu Pengantar.  Seri  Penerbitan No:21. Yogyakarta : Pusdiklat Perpustakaan IKIP Yogyakarta.





3 komentar:

  1. Informasinya sangat membantu

    kunjungi juga elintamaya16.blogspot.com

    BalasHapus
  2. boleh minta Silabus atau RPS sumber dan jasa rujukan lewat email??

    BalasHapus